JudulPemilihan Representasi Dalam Pemahaman Konsep Impuls Dan Momentum Siswa Kelas XI MIPA SMA Alkhairaat Palu |
Nama: AZIZAH ANWAR UMAMIE |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemilihan representasi dalam pemahaman konsep impuls dan momentum siswa kelas XI MIPA SMA Alkhairaat Palu. Representasi adalah suatu penjelasan sebuah materi yag dituangkan dalam bentuk lain dari aslinya, namun tetap mempertahankan maksud dan makna yang sama dari aslinya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer. Data primer adalah data yang bersumber langsung dari subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Alkhairaat Palu. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 6 siswa kelas XI program MIPA semester genap. Data diperoleh melalui tes pemahaman konsep berbentuk representasi dan wawancara. Tes pemahaman konsep berbentuk representasi yang terdiri dari 2 butir soal dimana dimasing-masing soal terdapat 3 bentuk representasi (verbal, gambar dan grafik). Data hasil tes pemahaman konsep menunjukan bahwa bahwa tingkat pemilihan representasi bentuk verbal lebih rendah daripada bentuk gambar dan grafik. Kemudian setelah dilakukan wawancara diperoleh bahwa tingkat pemahaman konsep siswa SMA Alkhairaat Palu dalam menyelesaikan soal representasi materi impuls dan momentum tergolong rendah. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Impuls dan Momentum, Representasi |