JudulPENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING BERBASIS ACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X TKJ SMK NEGERI 3 PALU |
Nama: APRIANA MARONGI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran probing-prompting berbasis active learning terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain The Non Equivalen Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Palu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas X TKJ A berjumlah 28 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas X TKJ B berjumlah 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Intrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidkan melalui validitasi. Tes hasil belajar fisi ka yang diperoleh menunjuhkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen 79 dengan standar deviasi 3.23. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 61.3 dengan standar deviasi 3.51. Uji hipotesis Uji-t (dua pihak), diperoleh thitung = 4.84 dan t(0.05)(54) = 2.004 pada taraf nyata ?= 0,05. Ini berarti bahwa nilai thitung berada pada daerah penolakan H0. Sehingga dapat disimpulkan yaitu adanya pengaruh Model pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Active Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Palu. |