Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PALU
Nama: RIFKIAWAN LAPSERE
Tahun: 2020
Abstrak
RINGKASAN Rifkiawan Lapsere, 2020. Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Videoscribe dalam model pembelajaran kooperatif tehadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 3 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Dr. Marungkil Pasaribu, M.Sc. Kata Kunci : Videoscribe, Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Usaha dan Energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis videoscribe dalam model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 3 Palu. Metode yang dignakan adalah eksperimen kuasi dengan equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Palu. Tekhnik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas X IPA 1 yang berjumlah 27 orang terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 yang berjumlah 29 orang terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa video pembelajaran yang dibuat menggunakan aplikasi Videoscribe dan tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 25 soal dan telah tervalidasi. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor post-test kelas eksperimen sebesar 20,28 dan kelas kontrol sebesar 19,74. Analisis data dilakukan dengan tekhnik statistic uji-t dua pihak. Hasil analisis dipeoleh nilai thitung = 6,75. Nilai ttabel = t(1-1/2?) pada taraf nyata ? = 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2) = 27 + 29 -2 = 54, adalah t0,95(71) = 1,67. Hal ini berarti, nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Hasil ini menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang diterapkan penggunaan media pembelajaran berbasis Videoscribe dalam model pembelajaran kooperatif dengan kelas yang diterapkan penggunaan PPt biasa dalam model pembelajaran kooperatif.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up