Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Strategi Writing To Learn Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA Negeri 2 Sigi
Nama: NUNING SAFITRI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Nuning Safitri, 2022. Pengaruh Strategi Writing to Learn Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA Negeri 2 Sigi. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. I Komang Werdhiana M.Si Kata Kunci : Strategi writing to learn dan Kemampuan Kognitif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi writing to learn terhadap kemapuan kognitif siswa SMA Negeri 2 Sigi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain The Non Equivalen Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Sigi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas Kontrol. Instrument kemampuan kognitif berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor tes akhir adalah 14,85 dengan standar deviasi 2,94. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor tes akhir adalah 12,80 dengan standar deviasi 2,82. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak dengan taraf signifikan ? = 0,05. Diperoleh nilai hasil t_tabel 2,02 sedangkan nilai t_hitung 2,23. Ini berarti bahwa nilai thitung berada pada daerah penolakan H0. Hasil ini menunjukan ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan yaitu adanya pengaruh Strategi Writing to learn terhadap kemampuan kognitif siswa SMA Negeri 2 Sigi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up