Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING DENGAN METODE BUZZ GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGI
Nama: HURI LAILIYA AR
Tahun: 2020
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing dengan metode Buzz Group terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sigi. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain eqivalent pretest posttest group design. Popoulasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sigi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian kelas XI MIPA 1 berjumlah 28 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIPA 3 berjumlah 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidkan melalui validasi. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan nilai rata-rata kelompok posttest kelas eksperimen 14,79 dengan standar deviasi 2,45 Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 12,50 dengan standar deviasi 2,58. Uji hipotesis Uji t (dua pihak), diperoleh thitung = 3,44 dan ttabel = 2,00. pada taraf nyata ? = 0,05. Hal ini menunjukkan thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing dengan metode Buzz Group terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sigi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up