JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DENGAN BERBANTUAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PALU |
Nama: AGUNG AGRIANT LOMBA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan berbantuan tutor sebaya dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen ( ) dan kelas XI IPA 8 sebagai kelas kontrol ( ). Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan berbantuan tutor sebaya dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry). Dari analisa data diperoleh skor rata-rata kelas kelompok eksperimen sebesar 17,30 dengan standar deviasinya 2,72 dan skor rata-rata kelas kontrol 16,10 dengan standar deviasinya 2,71. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh dan pada taraf nyata dan . Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan antara kelompok siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan berbantuan tutor sebaya dengan kelompok siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) saja dalam pembelajaran online. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan berbantuan tutor sebaya dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMA Negeri 3 Palu. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry), Tutor Sebaya, Hasil Belajar Fisika |