JudulIdentifikasi Konsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika Tentang Konsep Kelistrikan Menggunakan Four Tier Diagnostic Test |
Nama: NUR PRETTY |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nur Pretty, 2021. Identifikasi Konsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika Tentang Konsep Kelistrikan Menggunakan Four Tier Diagnostic Test. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing : Dr. I Komang Werdhiana, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsepsi mahasiswa calon guru fisika tentang konsep kelistrikan menggunakan four tier diagnostic test. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 25 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika angkatan 2017 semester VIII. Instrument yang digunakan berupa tes diagnostik pilihan ganda empat tingkat (four tier diagnostic test) dan pedoman wawancara. Responden terpilih berjumlah 8 orang dengan masing-masing 2 orang pada tiap kategori pemahaman konsep, yang terdiri dari kategori tinggi dan rendah yang ditentukan berdasarkan hasil analisis pada tes yang telah diberikan, serta bersedia untuk melakukan tes wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman konsep mahasiswa pada konsep kelistrikan pada kategori paham konsep sebesar 14,20 %, kategori miskonsepsi 15,40%, kategori tidak paham konsep 29,60%, dan kategori paham sebagian 40,80%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemahaman konsep mahasiswa terhadap materi kelistrikan pada kategori paham konsep rendah dan pada kategori paham sebagian sedang. Untuk kategori miskonsepsi dan tidak paham konsep rendah. Hal-hal yang mempengaruhi pemahaman konsep mahasiswa pada materi kelistrikan yaitu mahasiswa itu sendiri (daya ingat yang rendah dan kurangnya repetisi/pengulangan), buku teks yang digunakan, konteks pembelajaran, sumber belajar, dan metode pembelajaran yang digunakan oleh tenaga pendidik. Kata Kunci : Konsepsi, Pemahaman konsep, Kelistrikan, Four Tier Diagnostic Test. |