JudulIdentifikasi Tingkat Kemampuan Siswa Dalam Representasi Free Body Diagrams Untuk Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Hukum Newton |
Nama: FARISKA ANINDRASARI SURATNO |
Tahun: 2020 |
Abstrak Kemampuan menggambar merupakan salah satu aspek kognitif yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran fisika. Dalam pokok bahasan Hukum Newton, siswa dituntut memiliki kemampuan representasi dalam bentuk diagram. Gaya yang bekerja pada benda digambarkan terlebih dahulu pada diagram yaitu Free Body Diagrams (FBD) sehingga siswa dapat lebih memahami persoalan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi tingkat kemampuan siswa dalam representasi FBD untuk menyelesaikan soal fisika pada materi hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Man Insan Cendekia Kota Palu pada tahun ajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA Asy-Syams Man Insan Cendekia Kota Palu yang berjumlah 16 orang. Responden penelitian ini berjumlah 6 orang berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes tertulis dan tes wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan representasi FBD siswa kelas X IPA Asy-Syams Man Insan Cendekia Kota Palu pada umumnya masuk pada tingkat needs improvement untuk soal nomor 1, 2, dan 3 dengan rata-rata persentase secara berturut-turut sebesar 83,33%, 66,67%, dan 66,67%. Adapun pada soal nomor 4 diperoleh persentase sebesar 50,00% siswa masuk pada tingkat inadequate dalam representasi FBD pada materi hukum Newton. |