Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI MEDIA KARTU SOAL BERBENTUK PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP LABSCHOOL UNTAD PALU
Nama: ALMA
Tahun: 2020
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division disertai media kartu soal berbentuk puzzle terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Labschool UNTAD Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain eqivalent pretest posttest goup design. Popoulasi uji coba penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B SMP Negeri Model Madani Terpadu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian kelas VIII B berjumlah 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII E berjumlah 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidkan melalui validasi validator ahli. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen 20,02 dengan standar deviasi 2,73 Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 16,82 dengan standar deviasi 2,81. Uji hipotesis Uji t (dua pihak), diperoleh thitung = 4,08 dan ttabel = 2,02. pada taraf nyata = 0,05. Hal ini menunjukkan thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division disertai media kartu soal berbentuk puzzle terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Labschool UNTAD Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up