JudulKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI USAHA DAN DAYA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH HELLER |
Nama: ANIS INDRAWATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi pemecahan masalah fisika pada materi usaha dan daya siswa kelas VIII SMP Labschool UNTAD Palu berdasarkan langkah-langkah Heller ditinjau dari kemampuan kategori tinggi, sedang dan rendah yang dimiliki siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Labschool UNTAD Palu, yang terdiri dari 6 siswa, masing-masing 2 dari kemampuan kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian ini adalah: (1) tahap memvisualisasikan masalah, siswa yang berkemampuan kategori tinggi dan sedang memvisualisasikan masalah ke dalam bentuk sketsa gambar melalui kalimat pernyataan sedangkan siswa berkemampuan kategori rendah tidak dapat mengubah kalimat verbal ke dalam bentuk sketsa gambar, (2) tahap mendeskripsikan masalah berdasarkan konsep fisika, siswa berkemampuan kategori tinggi dan sedang dapat mengidentifikasi hal yang diketahui dengan kalimat pernyataan dan hal yang ditanyakan dengan kalimat pertanyaan. Sedangkan siswa berkemampuan kategori rendah, siswa hanya menuliskan kembali sebagian-sebagian informasi yang tersedia (yang diketahui dan ditanyakan) tanpa memahami informasiinformasi yang ada pada masalah yang diberikan, (3) tahap merencanakan solusi, siswa yang berkemampuan kategori tinggi dan sedang dapat membuat hubungan antara informasi yang ada dengan masalah yang ditanyakan. Sedangkan siswa berkemampuan kategori rendah, siswa sama sekali tidak memiliki satupun rencana solusi pemecahan masalah, (4) tahap melaksanakan rencana solusi, siswa berkemampuan katgori tinggi dan sedang dapat menerapkan strategi-strategi pemecahan masalah dengan tepat, tetapi siswa berkemampuan tinggi lebih menguasai konsep usaha dan daya dan teliti dalam operasi hitung. Sedangkan siswa berkemampuan kategori rendah, siswa tidak dapat menyelesaikan masalah yang diberikan, (5) tahap mengecek dan mengevaluasi solusi, siswa berkemampuan kategori tinggi dan sedang melakukan pengecekan kembali pada langkah-langkah penyelesaiannya dengan melakukan perhitungan kembali. Sedangkan siswa berkemampuan kategori rendah tidak melakukan pengecekan kembali karena tidak dapat menyelesaikan masalah yang diberikan. |