JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIPADU PEER TUTORING MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS VLOG TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 1 PALU |
Nama: RISWAN |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dipadu Peer Tutoring Menggunakan Media Berbasis VLOG Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA Negeri 1 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the non equivalen pretest-posttest Desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Palu. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIA 7 (n=34) sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIA 8 (n=35) sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda. Tes hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen 76,59 dengan standar deviasi 2,997 dan nilai rata-rata kelompok kontrol yaitu 61,49 dengan standar deviasi 3,240. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh t_hitung=6,58 dan t_(0,0975(68))=2,00 pada taraf nyata a=0,05. Ini berarti bahwa nilai t_hitung berada diluar daerah penerimaan H_0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dipadu Peer Tutoring Menggunakan Media Berbasis VLOG Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA Negeri 1 Palu. |