JudulPENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DAMPELAS |
Nama: SUSI SILFIANA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Susi Silfiana, 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dampelas. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengertahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. H. Kamaluddin. M.Si. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa yang dilakukan di SMA Negeri 1 Dampelas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan uji regresi linear sederhana. Sampel penelitian berjumlah 20 orang siswa yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal dan menggunakan angket sikap siswa terhadap pembelajaran daring sebanyak 15 nomor. Hasil analisis data melalui uji analisis regresi linear sederhana menunjukkan hasil R sebesar 0,136% ini berarti bahwa pengaruh pembelajaran daring sangat rendah yaitu hanya sebesar 1,84?n 98,16% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti seperti faktor kepribadian, faktor sosial kognitif, faktor lingkungan dan kondisi individu. Berdasarkan uji hipotesis penelitian menggunakan uji t pembelajaran daring terhadap hasil belajar sebesar 0,580 < 2,10. Hal ini terbukti bahwa t_hitung < t_tabel, maka H_a ditolak dan H_0 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap hasil belajar. |