Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH AL-HAQ PALU
Nama: RAHMAWATI
Tahun: 2023
Abstrak
Rahmawati, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII MTs. Muhammadiyah Al-Haq Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. I. Komang Werdhiana, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Muhammadiyah Al-Haq Palu, jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian “Non equivalen pretest-posttest design”. Teknik pengambilan Sampel adalah purposive sumpling, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar sebanyak 20 soal dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil olah data, diperoleh nilai rata-rata prestest pada kelas kontrol sebesar 5,13, dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 13,34. Untuk posttes diperoleh nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 13,04, dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttes sebesar 15,68. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t_hitung=3,75 dan t_tabel=1,68 dimana t_tabel? t_(hitung ), atau 3,75 < 1,68, diketahui hipotesis H0 tidak terpenuhi atau ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Al-Haq Palu. Uji N-gain diperoleh nilai rerata peningkatan hasil belajar fisika siswa pada kelas eksperimen senilai 69,65?n kelas kontrol senilai 53,21%, kedua kelas berada pada kriteria sedang. Kata kunci : Model Pembelajaran Inquiry Training, Quasi Eksperimen, Hasil Belajar Fisika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up