JudulANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA YANG DIAJAR DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN STEM PADA MATERI GELOMBANG BUNYI |
Nama: ATIKA SASKIA PUTRI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Atika Saskia Putri, 2020. Analisis pemahaman konsep siswa yang diajar dengan video pembelajaran berpendekatan STEM pada materi gelombang bunyi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Sahrul Saehana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemahaman konsep siswa yang diajar dengan video pembelajara berpendekatan STEM pada materi gelombang bunyi. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 19 siswa kelas XI MAN 2 Model Palu semester II tahun ajaran 2019/2020. Instrument yang digunakan berupa tes pilihan ganda disertai dengan Certain of Rensponse Index (CRI) yang diberikan sebelum dan setelah diajar dengan video pembelajaran berpendekatan STEM, dan wawancara. Responden terdiri dari kategori tinggi, sedang, dan rendah serta bersedia melakukan tes wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman konsep siswa sebelum diajar dengan video pembelajaran berpendekatan STEM dapat dikategorikan rendah, setelah diberikan video pemelajaran berpendekatan STEM pemahaman konsep siswa meningkat. |