Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SETELAH MENYAKSIKAN VIDEO ANIMASI MATERI USAHA DAN ENERGI
Nama: MARGARETHA DHERA
Tahun: 2020
Abstrak
Margaretha Dhera. (2019). “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Setelah Menyaksikan Video Animasi Materi Usaha dan Energi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr.Sahrul Saehana, M.Si. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Video Animasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa setelah menyaksikan video animasi materi usaha dan energi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu video animasi materi usaha dan energi dan tes essay sebanyak 5 nomor. Instrumen ini diberikan kepada 10 siswa SMA kelas X MIA SMA responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada kemampuan keterampilan berpikir kritis pada indikator menganalisis sebanyak 30%, mensintesis sebanyak 24%, memecahkan masalah sebanyak 28%, dan mengevaluasi atau menilai sebanyak 30% memiliki keterampilan sangat kurang. sedangkan untuk indikator menyimpulkan sebanyak 60% memiliki keterampilan cukup baik. Dengan demikian keterampilan berpikir kritis siswa tergolong sangat rendah. Kemudian video animasi materi usaha dan energi tersebut diperbaharui dan diperlihatkan kembali kepada tiga responden yang mewakili kategori tinggi, sedang dan rendah dengan diberi tes essay yang sama untuk melihat perbedaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase keterampilan berpikir kritis tiap indikator meningkat dan presentase rata-rata adalah 72 %. Dapat dikatakan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa tergolong baik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up