Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPerbedaan Hasil Belajar Fisika Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS
Nama: KADEK HERI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Kadek Heri, 2019. Perbedaan Hasil Belajar Fisika antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan P-MIPA FKIP Universitas Tadulako Pembimbing Dr. Sahrul Saehana, M.Si Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dikelas X SMA Negeri 4 Palu. Penelitian ini penelitian eksperimen kuasi yang menggunakan metode penelitian Posttest-only comparison group design dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan 25 siswa dan siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan 25 siswa. Hasil belajar fisika post-test yang diperoleh menunjukan skor rata-rata kelompok eksperimen mencapai sebesar 13, 34 dan kelompok kontrol sebesar 11,5 dan standar deviasi eksperimen yaitu 8,97 dan kontrol yaitu 9,33 uji hipotesis uji t (dua pihak) pada tarif signifikan ? = 0,05 dan derajat kebebasan, dk = 48 dimana diperoleh t_(0,975(54)) = 2,00 dan t_hitung=2,19 dengan kriteria H0 diterima jika t_((1-1/2 ?)) < t < t_((1-1/2 ?)) sehingga dapat dilihat bahwa nilai thitung berada pada penolakan H0 dengan demikian maka H1 diterima. Disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TPS Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Kooperatif tipe STAD, Kooperatif tipe TPS, Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up