JudulANALISIS KOMPETENSI PENGETAHUAN MATERI FLUIDA DINAMIS SISWA SMA NEGERI 5 PALU BERDASARKAN KURIKULUM 2013 |
Nama: RENI ARTHA PRATIWI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Kata Kunci: Kompetensi Pengetahuan, Fluida Dinamis Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pengetahuan materi fluida dinamis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes essai terdiri dari 8 soal yang telah divalidasi oleh validator ahli, yang diberikan kepada 20 siswa untuk mendapatkan 8 responden. Aspek kognitif yang digunakan terdiri dari empat yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, dan analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua responden yang memiliki kemampuan pada kategori pengetahuan, pemahaman, dan penerapan juga mampu dalam menyelesaikan soal pada kategori analisis. Faktor yang menyebabkan kurangnya kemampuan kognitif analisis siswa adalah rendahnya pemahaman materi (konsep) dan kurangnya pengalaman siswa dalam menyelesaikan soal berkategori analisis. Selain itu kendala lain yang dihadapi guru adalah pelaksanaan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran diantaranya, alokasi waktu yang tidak sesuai dengan apa yang harus dilaksanakan. |