| JudulINTUISI SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER |
| Nama: MUTMAINAH |
| Tahun: 2019 |
| Abstrak ABSTRAK Mutmainah, 2019. Intuisi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Fisika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I: Dr. Darsikin, M.Si, Pembimbing II: Muhammad Jarnawi,M.Pd. Kata Kunci: Intuisi, masalah fisika, gender. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan intuisi siswa SMA dalam memecahkan masalah fisika berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya ditinjau dari perbedaan gender. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Mia1 SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora. Responden penelitin ini terdiri dari 12 responden penelitian, yang terdiri dari 4 orang siswa yang memiliki kemampuan fisika tinggi (2 perempuan dan 2 lakilaki), 4 orang siswa yang memiliki kemampuan fisika sedang (2 perempuan dan 2 laki-laki), dan 4 orang siswa yang memiliki kemampuan fisika rendah (2 perempuan dan 2 laki-laki). Soal yang disajikan dalam penelitian ini adalah materi suhu dan kalor. Butir soal yang disajikan dalam penelitian ini adalah soal pemecahan masalah bertipe verbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian ini ada perbedaan pemecahan masalah yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora antara laki-laki dan perempuan. Kategori intuisi yang digunakan siswa yaitu kategori intuisi afirmatori dengan jenis intrinsic certainly. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan gender berpengaruh dalam proses memecahkan masalah fisika. |