JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN MY OWN DICTIONARY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BASIDONDO |
Nama: GUSNAWATI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Gusnawati. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantuan My Own Dictionary Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Basidondo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Muslimin. Kata Kunci : Pembelajaran Advance Organizer, My Own Dictionary, Pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh pemahaman konsep siswa antara kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Advance Organizer berbantuan My Own Dictionary dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VII SMP Negeri 2 Basidondo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain “The Equivalen Pretest-Posttest Design”. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaan konsep dalam bentuk esai. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh rata-rata skor tes awal adalah 12,91 dan untuk tes akhir adalah 20,12 dari skor ideal yaitu sebesar 32. Untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata skor tes awal 11,91 dan untuk tes akhir adalah 15,87 dari skor ideal yaitu sebesar 32. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 8,05 dan ttabel = 1,68. Ini berarti bahwa nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer berbantuan My Own Dictionary terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Basidondo. |