JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DAN CAHAYA DI SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: SARINI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada konsep bunyi dan cahaya di SMA negeri 5 palu. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen dengan jenis penelitian adalah kuantitatif dan menggunakan desain penelitian yaitu quasi eksperimental design. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk objektif tes berjumlah 30 nomor soal. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor pretest untuk kelas eksperimen adalah 14,83 dengan standar deviasi adalah 7,52 dan rerata skor postest adalah 22,16 dengan standar deviasi adalah 5,17. Sedangkan rerata skor pretest untuk kelas kontrol adalah 13,9 dengan standar deviasi 12,68 dan rerata skor postest adalah 18,9 dengan standar deviasi adalah 8,88. Analisis data dilakukan dengan uji statistik parametrik uji-t dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung >ttabel (3,83 > 1,68). Hal ini berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil pengujian N-Gain kedua kelas masing-masing berada pada kategori yaitu kelas eksperimen berada pada kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 47?n kelas kontrol berada pada kategori rendah dengan nilai N-Gain adalah 29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada konsep bunyi dan cahaya di SMA Negeri 5 Palu. |