JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: SULASTRI H. YOLIMPAT |
Tahun: 2019 |
Abstrak Sulastri H. Yolimpat, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Skripsi. Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. H. Muhammad Ali, M.Si. Kata Kunci : Kooperatif, Snowball Throwing, Hasil Belajar Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 5 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the equivalen, Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 5 Palu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA II sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIPA I sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda berjumlah 30 butir soal dengan masing-masing 5 pilihan jawaban. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest kelompok eksperimen yaitu 7,0 dan kelompok kontrol yaitu 6,21 sedangkan rata-rata skor posttest kelompok eksperimen yaitu 19,03 dan kelompok kontrol yaitu 17,07. Berdasarkan uji hipotesis dengan statistik uji-t, diperoleh thitung = 2,39 dan ttabel = 1,68 pada taraf signifikan ? = 0,05. Ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 5 Palu. |