JudulAnalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Negeri 1 Palu Pada Materi Hukum Newton Ditinjau Dari Perbedaan Multiple Intelligences Tahun Ajaran 2018/2019 |
Nama: INDAH KUSUMA DEWI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Indah Kusuma Dewi, 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Negeri 1 Palu Pada Materi Hukum Newton Ditinjau Dari Perbedaan Multiple Intelligence Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Amiruddin Hatibe, M.Si Kata Kunci : Pemecahan Masalah, Hukum Newton, Multiple Intelligence Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa SMA Negeri 1 Palu pada materi Hukum Newton ditinjau dari perbedaan multiple intelligence tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Penelitian ini melibatkan 6 responden, dimana 3 responden dengan kecerdasan logis-matematis dominan dan 3 responden dengan kecerdasan visual-spasial dominan. Kemampuan pemecahan masalah siswa di analisis berdasarkan tahapan-tahapan polya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase kemampuan pemecahan masalah siswa sebagai berikut: Responden dengan kecerdasan logis-matematis dominan diperoleh persentase memahami masalah sebesar 96,66%, persentase menyusun rencana sebesar 83,33%, persentase melaksanakan rencana sebesar 73,33%, dan persentase memeriksa kembali sebesar 45%. Persentase rata-rata kemampuan pemecahan masalah responden dengan kecerdasan logis-matematis dominan diperoleh persentase sebesar 75,58?ngan kategori baik. Responden dengan kecerdasan visual-spasial dominan diperoleh persentase memahami masalah sebesar 93,33%, persentase menyusun rencana sebesar 53,33%, persentase melaksanakan rencana sebesar 45%, dan persentase memeriksa kembali sebesar 0%. Persentase rata-rata kemampuan pemecahan masalah responden dengan dengan kecerdasan visual-spasial dominan diperoleh persentase sebesar 47,91?ngan kategori cukup. |