Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembanganKIT IPA Sederhana Sebagai Media Pembelajaran SAINS Untuk SMP Kelas IX Materi Listrik Dinamis
Nama: NURHIKMAH TULJANNAH
Tahun: 2020
Abstrak
Nurhikmah Tuljannah, 2020. Pengembangan KIT IPA Sederhana sebagai Media Pembelajaran Sains untuk SMP Kelas IX Materi Listrik Dinamis. Skripsi. Program strudi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Sahrul Saehana, M.Si Kata Kunci : KIT IPA, Sederhana, Media Pembelajaran, Listrik Dinamis Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan KIT IPA sederhana sebagai media pembelajaran sains. Proses penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang mengacu pada model Research and Development (R&D) yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala likert lima yang ditujukan kepada ahli media, ahli materi, guru fisika dan siswa IX SMP Negeri 19 Palu. Data kualitas produk yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Kualitas produk berdasarkan hasil analisis penilaian ahli media diperoleh nilai presentase sebesar 85?ngan interpretasi “Sangat Baik”. Analisis penilaian oleh ahli materi diperoleh nilai presentase sebesar 80?ngan interprestasi “Baik”. Tanggapan guru fisika diperoleh nilai presentase sebesar 95,6?ngan interprestasi “Sangat Setuju”. Tanggapan siswa kelas IX B pada uji terbatas diperoleh nilai presentase sebesar 84,25?ngan interprestasi “Sangat Setuju”. Hasil uji coba dan analisis angket menunjukan bahwa perangkat KIT IPA yang dikembangkan layak digunakan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up