JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 BALINGGI |
Nama: FEBRIANI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Balinggi. Jenis penelitian merupakan Quasi Experimen dengan desain the equivalent pretest-posttest group design, subjek penelitian ini adalah kelas X Mipa 2 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X Mipa 1 yang terdiri dari 26 siswa sebagai kelas kontrol. Dari hasil pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata presest untuk kelas eksperimen yaitu 28,20 dan untuk posttest 75,50. Untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai pretest yaitu 24,80 dan rata-rata posttest yaitu 50,42. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak dan uji N-gain. Berdasarkan uji-t dua pihak untuk menguji rerata nilai hasil belajar dengan signifikansi ?=0,05. Diperoleh nilai thitung (2,200) > ttabel (2,004) maka thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Berdasarkan uji N-gain untuk kelas eksperimen nilai N-gainnya sebesar 65,44% sedangkan kelas kontrol sebesar 46,03%, hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation member peningkatan hasil belajar yang lebih besar berarti terdapa pengeruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar peserta didik. |