JudulPengaruh Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Palu |
Nama: NURUL AMNI MOH SAID |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nurul Amni Moh Said, 2021, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Darsikin Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the non-equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palu. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar IPA fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validitas konstruksi. Berdasarkan tes hasil belajar IPA fisika pada materi getaran dan gelombang yang diperoleh, menunjukan bahwa nilai rata - rata untuk kelas eksperimen yaitu 20,00 dengan standar deviasi sebesar 3,21 dan nilai rata - rata hasil belajar siswa untuk kelas kontrol yaitu 16,90 dengan standar deviasi sebesar 3,11. Hasil uji t dua pihak dengan dk = 60 dan taraf signifikansi ? = 0,05 diperoleh nilai thitung = 3,92 dan nilai ini lebih besar dari ttabel = 2,00. Hal ini berarti, nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar IPA fisika siswa SMP Negeri 6 Palu. Dengan kata lain, nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol. |