JudulPengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Pada Materi Energi Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama |
Nama: I GEDE SUMERTADANA |
Tahun: 2020 |
Abstrak I Gede Sumertadana, 2019. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Pada Materi Energi Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian dan pengembangan menggunakan Model ADDIE. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. Supriyatman, M.Pd. Kata Kunci : Bahan Ajar IPA Terpadu, Model ADDIE, Sumber Energi Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPA terpadu pada materi energi dengan pendekatan kontekstual untuk siswa sekolah menengah pertama. Tema yang digunakan dalam bahan ajar yaitu sumber energi dalam kehidupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) berdasarkan langkah-langkah model ADDIE. Penelitian dilakukan melalui tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Bahan ajar yang dikembangkan divalidasi oleh validator ahli materi dan validator ahli media, kemudian bahan ajar diberikan kepada guru IPA dan 20 siswa untuk mengetahui tanggapan terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket/koesioner dengan skala Likert 1-4. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Hasil penilaian terhadap bahan ajar yang dikembangkan oleh ahli materi sebesar 3,60 dikategorikan “Sangat Baik”, rata-rata skor ahli media sebesar 3,53 dikategorikan “Sangat Baik”, rata-rata skor penilaian guru diperoleh sebesar 3,35 dan dikategorikan “Sangat Baik”, serta hasil analisis siswa diperoleh skor rata-rata 3,35 dan dikategorikan “Sangat Setuju”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. |