JudulAnalisis Miskonsepsi Mahasiswa Fisika Pada Materi Listrik Dinamis Menggunakan Multiple-Misconception Revealing Test (MMRT) |
Nama: NUR FAJR AZ'ZAHRA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Nur Fajr Az’zahra (2020). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Fisika pada Materi Listrik Dinamis Menggunakan Multple-Misconception Revealing Test (MMRT). Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Dr. Marungkil Pasaribu, M.Sc. Kata Kunci : Miskonsepsi, Multple-Misconception Revealing Test, Listrik Dinamis Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tipe miskonsepsi mahasiswa pada materi listrik dinamis menggunakan MMRT. Subjek dan responden pada penelitian ini sebanyak 38 orang mahasiswa fisika di Universitas Tadulako. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Multple-Misconception Revealing Test soal dan wawancara. Instrumen tes yang digunakan sebanyak 6 nomor soal. Dari hasil analisis data rata-rata miskonsepsi yang ditemukan sebesar 34,8 ?ri 6 nomor soal. Serta mengungkap tipe miskonsepsi yang dialami mahasiswa. Pertama mahasiswa mengalami miskonsepsi terhadap prinsip dasar rangkaian seri parallel, yakni tidak memperhatikan kutub-kutub komponen listrik. Kedua, miskonsepsi terhadap karakteristik tegangan pada rangkaian arus dan parallel yaitu kesalahan dalam memahami penjumlahan tegangan pada rangkaian seri. Ketiga, miskonsepsi pada karakteristik arus dalam rangkaian yakni menganggap bahwa pada rangkaian seri jika saklar dibuka maka komponen lain akan tetap menyala. Keempat, miskonsepsi terhadap hukum Kirchhoff 1 bahwa semakin jauh letak titik komponen/lampu dari sumber tegangan maka nilai arus juga semakin kecil. Kelima, miskonsepsi terhadap hubungan tegangan dengan daya listrik bahwa pada rangkaian seri tegangannya terbagi sehingga daya yang digunakan sedikit. Keenam, miskonsepsi terhadap hubungan tegangan dengan energi listrik bahwa pada rangkaian parallel arusnya terbagi sehingga energinya lebih besar. Dapat disimpulkan bahwa ada beberapa tipe miskonsepsi yang dapat dialami mahasiswa pada materi listrik dinamis. |