JudulPERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 SIGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN TIPE STAD |
Nama: Nur Inayah |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Nurinayah, 2019, Perbedaan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Sigi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Tipe STAD. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Syamsu, M.Si Kata kunci: Kooperatif Tipe Make a Match, Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Fisika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 15 Sigi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan tipe STAD. Desain penelitian yang digunakan yaitu “Post-test only comparison group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Sigi. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas VII B sebagai kelas kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi. Skor rata-rata hasil belajar fisika yang diperoleh untuk kelas eksperimen 1 yaitu 15,83 dengan standar deviasi 3,03 dan skor rata-rata untuk kelas eksperimen 2 yaitu 14,10 dengan standar deviasi 2,74. Dari hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t dua pihak diperoleh thitung sebesar 2,31 pada taraf signifikasi ? = 0,05 dan ttabel = 2,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan tipe STAD. |