Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORI INTELECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN POSO PESISIR
Nama: NUR AIN
Tahun: 2019
Abstrak
Nur Ain. 2019. Pengaruh model pembelajaran Auditori Intelectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN Poso Pesisir. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. pembimbing : Kamaluddin. Kata Kunci :Model pembelajaran Auditori Intelectually Repetition (AIR), Kemampuan Berpikir Kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran AIR (Auditory Intelectually Repetition) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN Poso Pesisir. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi menggunakan desain Prates-Pascates yang tidak Ekuivalen (the non equivalen, Pretest Postest Design). Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk tes esai berjumlah 5 nomor soal. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor pretest kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol adalah 5,40 dengan standar deviasi 2,09, untuk rerata skor posttest adalah 6,48 dengan standar deviasi 2,35. Untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor pretest 5,50 dengan standar deviasi 2,26, sedangkan untuk rerata skor posttest adalah 9,57 dengan standar deviasi 2,80. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistic uji-t dua pihak untuk menguji perbedaan rerata skor kemampuan berpikir kritis siswa dengan taraf signifikan ? = 0,05. Diperoleh nilai hasil thitung = 4,92 dan ttabel = t0,975(51) = 2,02. Ini berarti bahwa nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model pembelajran pengaruh model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN Poso Pesisir.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up