Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PEMBELAJARAN SEA (STARTER EXPERIMENT APPROACH ) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BUNGKU
Nama: YUSRI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Yusri. 2021. Pengaruh Pembelajaran SEA ( Starter Experiment Approach) Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bungku. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Darsikin, M.Si. Kata Kunci : SEA (Starter Experiment Approach), Hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran SEA (Starter Experiment Approach) terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bungku. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan model quasy experimental yang menggunakan desain “posttes- only control desigh”. Sampel dipilih menggunakan teknik purpose sampling. Kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda yang telah di validasi dan telah diujicoba. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor tes akhir adalah 14,28 dengan standar deviasi sebesar 5,02. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor tes akhir adalah 11,16 dengan standar deviasi sebesar 4,39. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai ?????????????????????????=2,01 dan ????????????????????????=2,02. Hal ini berarti, nilai thitung berada pada daerah penerimaan ????0 dan ????1ditolak, yang berarti tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pembelajaran SEA (Starter Experiment Approach) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Bungku.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up