Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMAN 1 Una-una
Nama: Novia J. Hi Matadjeng
Tahun: 2019
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas X SMAN 1 Una-una. Penelitian ini termasuk penelitian pengaruh dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Una-una yang terdiri dari 5 kelas dan sampelnya berjumlah 120 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik Accidental Sampling teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siswa yang kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang cocok sebagai sampel. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup yaitu angket reward dan angket motivasi belajar. Teknik pengelolaan dan analisis data menggunakan uji normalitas, regresi sederhana, koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa sangat menyukai bentuk reward berupa tanda penghargaan (reward simbolis) karena bentuk ini memiliki persentase terbesar diantara bentuk yang lain yaitu 27,20%. Hasil analisi regresi diperoleh persamaan Y’=60,81+0,50X, hasil uji korelasi product moment sebesar 0,48115dengan taraf kesalahan 5%. Dengan koefisien determinasi sebesar 23,04%. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa dengan keeratan sedang dan signifikan. Kata Kunci: Reward, Motivasi Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up