JudulPemahaman Konsep Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Kinematika Gerak Lurus Di SMA LabSchool UNTAD |
Nama: Wafila |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Wafila, 2019. Pemahaman Konsep Peserta Didik ditinjau dari Gaya Belajar pada Materi Kinematika Gerak Lurus di SMA LabSchool UNTAD. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Syamsu, M.Si Kata kunci: Pemahaman Konsep, Gaya Belajar, Kinematika Gerak Lurus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik pada materi kinematika gerak lurus ditinjau dari gaya belajar di SMA LabSchool UNTAD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitaif. Responden yang dilibatkan yaitu 8 orang yang memiliki pemahaman konsep pada kategori tinggi untuk setiap gaya belajar. Peneliti menganalisis pemahaman konsep peserta didik ditinjau dari gaya belajar melalui penggunaan tes pilihan ganda beralasan yang terdiri dari 10 butir soal disertai kolom CRI (Certainty Of response Indeks), angket gaya belajar model Kolb, dan dilanjutkan dengan wawancara. Berdasarkan pengisian angket gaya belajar diketahui bahwa 14,81% peserta didik menggunakan gaya belajar diverger, 14,81?ngan gaya belajar assimilator, 33,33% menggunakan gaya belajar konverger, dan peserta didik dengan gaya belajar yang mendominan yaitu gaya belajar akomodator dengan persentase sebesar 37,04%. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini untuk pemahaman konsep peserta didik pada materi kinematika gerak lurus berdasarkan pengelompokan gaya belajar menunjukkan bahwa peserta didik dengan gaya diverger 50% paham konsep, gaya assimilator 47,5% paham konsep, gaya konverger 42,22% paham konsep, dan gaya akomodator 26% paham konsep. |