JudulGAYA BERPIKIR SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA |
Nama: Ni Wayan Alfari |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Ni Wayan Alfari, 2019. Gaya Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Fisika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Wayan Darmadi, S.Si, M.Pd Kata Kunci: Gaya berpikir, masalah fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya berpikir manakah yang lebih baik dalam memecahkan masalah fisika di SMAN 7 Palu berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah yang di kemukakan oleh Polya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ipa 2 SMAN 7 Palu. Responden penelitian ini terdiri dari 8 responden penelitian, yang terdiri dari 2 orang yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret, 2 orang yang memiliki gaya berpikir acak konkret, 2 orang yang memiliki gaya berpikir acak abstrak dan 2 orang yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket/koesioner gaya berpikir, soal pemecahan masalah fisika dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya berpikir Sekuensial Konkret lebih baik dalam memecahkan masalah fisika dibandingkan gaya berpikir Sekuensial Abstrak, Acak Konkret, dan Acak Abstrak. |