JudulANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PENJUMLAHAN VEKTOR |
Nama: FEBRIANTO PATANDEAN |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Febrianto Patandean. 2019. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan soal-soal penjumlahan vektor”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Jusman Mansyur, M.Si Kata Kunci : Kesalahan, Soal Penjumlahan Vektor Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, mengetahui, dan menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penjumlahan vektor. Subjek penelitian ini terdiri dari 28 siswa dan dipilih 4 responden dengan cara pemberian tes. Pemilihan responden dilakukan dalam bentuk tes pilihan ganda kemudian dikelompokkan dan dikategorikan, dan dipilih masing-masing 2 responden yang mewakili kategori tinggi dan 2 responden yang mewakili kategori rendah yang akan dijadikan responden. Data diperoleh melalui pemberian tes kepada responden yang telah dipilih serta wawancara langsung dengan responden. Tes terdiri dari empat nomor soal tentang materi penjumlahan vektor yang diberikan kepada responden dan setelah itu dilakukan wawancara. Data penelitian dianalisis melalui pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan vektor disebabkan karena tidak memahami konsep dengan benar, kesalahan prinsip, dan tidak mampu dalam mengoperasikan angka atau bilangan atau proses pengoperasian matematikanya yang kurang, sehingga siswa perlu berlatih dalam menyelesaikan soal-soal fisika untuk mengguranggi tingkat kesalahan sewaktu diberikan tes. |