JudulANALISIS KESULITAN SISWA SMPN 2 MORI ATAS KELAS VII DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA PADA SOAL MATERI KALOR |
Nama: VICHE SRINIMSI LAPANDA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Viche, 2022. Analisis Kesulitan Siswa SMPN 2 Mori Atas Kelas VII Dalam Memecahkan Masalah Fisika Pada Soal Materi Kalor. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing : Dr. Marungkil Pasaribu, M, Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dan faktor penyebab siswa kelas VII SMPN 2 Mori Atas dalam memecahkan masalah fisika pada materi kalor. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 6 siswa yang termasuk dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data diperoleh dari tes kesulitan pemecahan masalah pada materi kalor yang berjumlah 5 nomor dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada tahap 1 sebesar 82,2%, pada tahap 2 sebesar 75,5%, pada tahap 3 sebesar 98,3%, pada tahap 4 sebesar 100%. Adapun faktor penyebab siswa kesulitan ditinjau dari setiap tahapan yaitu responden kurang memahami soal dan kurangnya ketelitian dalam membaca soal, tidak mengetahui tahap-tahap untuk menjawab soal, tidak mengetahui rumus yang tepat, yang harus digunakan untuk perhitungan, responden tidak dapat menerapkan konsep yang telah dipelajarinya. Responden kebingungan saat melakukan proses perhitungan, tidak pernah memeriksa atau mengecek ulang setiap langkah penyelesaian dan jawaban yang diperoleh dengan alasan karena responden merasakan kebingungan atau siswa merasa yakin dengan jawabannya. Kata kunci : Kesulitan Belajar, Pemecahan Masalah, Tahapan Polya ? |