Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIdentifikasi Miskonsepsi Dan Remedial Teaching Materi Kalor Pada Siswa SMA Negeri 1 Parigi Tengah
Nama: Rahmat
Tahun: 2019
Abstrak
Rahmat, 2019. Identifikasi Miskonsepsi dan Remedial Teaching Materi Kalor Pada Siswa SMA Negeri 1 Parigi Tengah. Skripsi. Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Syamsu, M. Si. Kata Kunci: Miskonsepsi Kalor, Remedial Teaching Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi kalor dan pemberian remedial teaching pada siswa SMA Negeri 1 Parigi Tengah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan IPA 2 yang terdiri dari 40 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu pilihan ganda beralasan dan wawancara berjumlah 15 butir soal yang disertai CRI untuk mengetahui tingkat keyakinan subjek penelitian dalam menjawab soal. Setelah dilakukan identifikasi miskonsepsi, siswa yang mengalami miskonsepsi diberikan remedial teaching sebelum diberikan tes yang sama disertai wawancara pada siswa yang mengalami perubahan atau peningkatan pengetahuan. Hasil yang diperoleh saat identifikasi miskonsepsi sebesar 26,83% siswa yang mengalami miskonsepsi, 31,30% siswa tidak paham konsep, dan 41,83% siswa yang paham konsep. Setelah dilakukan remedial teaching siswa yang mengalami miskonsepsi mengalami penurunan menjadi 13,5%, siswa yang tidak paham konsep menjadi 12,67?n siswa yang paham konsep naik menjadi 73,83%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemberian remedial teaching sangat berguna dalam mengatasi permasalahan siswa dalam pembelajaran dimana masih banyak siswa yang sulit memahami konsep-konsep fisika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up