Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisikan Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 5 Palu
Nama: ASRINA
Tahun: 2023
Abstrak
Asrina. 2022. Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Drs. H. Kamaluddin, M.Si Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar Fisika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Palu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi serta desain penelitian dengan rancangan pretest-posttest yang ekuivalen. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Palu, dengan sampel penelitian kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis yang terdiri dari 6 butir soal essay mengenai materi hukum newton. Analisis data menggunakan dua tahap analisis, analisis tahap awal yaitu menghitung uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan analisis tahap akhir untuk menghitung uji gain score dan mengetahui uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahawa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran discovery learning tehadap hasil belajar siswa fisika yang lebih baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up