Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN SIMULASI PhET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SIGI
Nama: Fitra
Tahun: 2019
Abstrak
Fitra, 2015 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbantuan Simulasi PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Sigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Drs. H. Muhammad Ali, M.Si. Kata Kunci : Kooperatif Tipe STAD, Simulasi PhET, Hasil Belajar Fisika. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Sigi. Desain penelitian adalah the equivalen pretest-posttest group desain dengan sampel penelitian adalah kelas VIII C ( n=30 sebagai kelas kontrol) dan kelas VIII B (n=30 sebagai kelas eksperimen). Instrumen penelitian adalah tes pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validitas item. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 16,83 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 14,9. Uji hipotesis uji t (dua pihak) di peroleh thitung = 2,35 dan ttabel(0,975)(58) = 2,00 pada tanyata ? = 0,05. Ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara hasil belajar fisika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan simulasi PhET dengan pembelajaran konvensional.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up