JudulANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MELALUI KUNJUNGAN BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 DAMPELAS |
Nama: FIRDA YANTI AULIA SAFITRI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Firda Yanti Aulia Safitri. (2021). “Analisis Pemahaman Konsep Fisika Melalui Kujungan Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Dampelas”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Gustina, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konsep. Kunjungan Belajar Dari Rumah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep fisika melalui kunjungan belajar dari rumah dimasa pandemi Covid-19, dan mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman konsep fisika siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemberian tes pemahaman konsep secara luring yaitu tes uraian sebanyak 3 butir soal dan disesuaikan dengan indikator pemahamn konsep fisika dan instrumen angket untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep fisika siswa. Instrumen ini diberikan kepada 10 responden yang merupakan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Dampelas. Hasil penelitian dari tiga indikator pemahaman konsep fisika siswa, persentase rata-rata pemahaman konsep fisika siswa untuk indikator penerjemahan (Translation) sebesar 76%, indikator penafsiran (Interpretation) sebesar 82?n indikator ekstrapolasi (Extrapolation) sebesar 82%. Dari tiga indikator pemahaman konsep tersebut dapat dikatakan bahwa kemampuan tingkat pemahaman konsep fisika siswa untuk indikator penerjemahan (Translation) memiliki tingkat pemahaman cukup baik, sedangkan untuk indikator penafsiran (Interpretation) dan indikator ekstrapolasi (Extrapolation) memiliki tingkat pemahaman sangat baik. Analisis perhitungan angket dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi pemahan konsep fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Dampelas, yaitu faktor internal yaitu motivasi belajar sebesar 41,1 %, kebiasaan belajar sebesar 53,3 ?n psikologis siswa sebesar 32,2 ?n dari faktor eksternal yaitu model pembelajaran sebesar 21,1 %, sarana dan prasarana sekolah sebesar 70,3 %, lingkungan keluarga sebesar 71,4 ?n lingkungan masyarakat sebesar 41,8 ?pat disimpulkan bahwa semua faktor mempengaruhi pemahaman konsep siswa. |