JudulPemberian Remedial Teaching Berdasarkan Tes Diagnostik Pada Siswa Kelas XI SMA Labschool UNTAD Palu |
Nama: SITTI RAHMA S |
Tahun: 2020 |
Abstrak Sitti Rahma S, 2019. Pemberian Remedial Teaching Berdasarkan Tes Diagnostik Pada Siswa Kelas XI SMA Labschool UNTAD Palu. Skripsi. Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. H. Kamaluddin, M. Si. Kata Kunci: Remedial Teaching, Tes Diagnostik, Kesalahan Konsep Fisika Penelitian ini menggunakan model penggabungan metode kualitatif dengan kuantitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi fisika pada materi usaha dan energi. Hasil identifikasi miskonsepsi digunakan untuk menyusun dan melaksanakan program remedial teaching. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 SMA Labschool UNTAD Palu yang terdiri dari 22 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes diagnostik tipe two tier multiple choice atau pilihan ganda beralasan berjumlah 20 butir soal dan wawancara. Berdasarkan hasil identifikasi miskonsepsi serta wawancara, siswa yang mengalami miskonsepsi diberikan remedial teaching kemudian kembali diberikan tes diagnostik yang sama dengan tes awal. Hasil yang diperoleh saat identifikasi miskonsepsi awal ialah siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 41,59%, siswa tidak paham konsep sebesar 36,59%, dan siswa yang paham konsep sebesar 21,82%. Setelah dilakukan remedial teaching, siswa yang mengalami miskonsepsi mengalami penurunan menjadi 12,96%, siswa yang tidak paham konsep menjadi 15,91?n siswa yang paham konsep meningkat menjadi 71,36%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemberian remedial teaching yang mengacu pada hasil tes diagnostik sangat berguna dalam mengatasi permasalahan siswa dalam mengurangi kesalahan konsep atau miskonsepsi dan meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa. |