Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 6 Sigi
Nama: Gary Jiniard Sunardi
Tahun: 2019
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Sigi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi serta desain penelitian dengan rancangan pretest-posttest yang ekuivalen. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Sigi, dengan sampel penelitian yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk mengukur hasil belajar fisika siswa berupa tes tertulis yang terdiri dari 6 butir soal essay mengenai materi usaha dan energi. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rata-rata skor posttest untuk kelas eksperimen yaitu 46,86 dengan standar deviasi sebesar 4,75. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata skor posttest yaitu 44,00 dengan standar deviasi sebesar 4,78. Pengujian hipotesis menggunakan uji beda rata-rata atau uji t (dua pihak) dengan taraf signifikasi ? = 0,05, sehingga diperoleh nilai thitung = 1,97 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel atau 1,97 > 1,67. Hal ini berarti bahwa thitung berada diluar penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Sigi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up