JudulEKSPERIMEN TERBIMBING UNTUK MENGUBAH PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG BEDA POTENSIAL DAN ARUS DALAM RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH |
Nama: Niluh Eka Puspayanti |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Niluh Eka Puspayanti. 2019. Eksperimen Terbimbing Untuk Mengubah Pemahaman Mahasiswa Tentang Beda Potensila Dan Arus Dalam Rangkaian Listrik Arus Searah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. I Komang Werdhiana. M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengubah pemahaman mahasiswa tentang beda potensial dan arus dalam rangkaian arus searah. Subjek penelitian mahasiswa pendidikan fisika. Jumlah mahasiswa yang mengikuti pretest sebanyak 21 orang, mahasiswa yang mengikuti eksperimen sebanyak 16 orang dan mahasiswa yang mengikuti posttest sebanyak 16 orang. Hasil pretest menunjukkan banyak mahasiswa yang mengalami miskonsepsi terhadap konsep beda potensial dan arus dalam rangkain arus searah. Kebanyakan mahasiswa mengangap apabila lampu yang dipasang secara parallel dan memiliki lebih dari satu hambatan maka lampu akan tidak menyala dengan baik. salah satu lampu dilepaskan dari soketnya maka tidak ada sumber tegangan yang akan mengalir pada kedua lampu tersebut. Mahasiswa cenderung susah untuk membedakan kuat arus dan tegangan. Kegiatan eksperimen tersebut dimana mahasiswa mengerjakan tes sebelum melakukan percobaan. Setelah melakukan percobaan mahasiswa menjawab kembali tes yang yang diberikan. Tujuan tes yang diberikan di awal sebelum percobaan dilakukan untuk melihat pemahaman mahasiswa sebelum dan sesudah melakukan percobaan. Pengalaman eksperimen sangat mempengaruhi pemahaman konsep mahasiswa. Sehingga dari kegiatan eksperimen yang dilakukan meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep rangkaian listrik arus searah. Kata Kunci: Pemahaman konsep, rangkaian listrik, eksperimen, arus listrik, beda potensial. |