JudulANALISIS PENALARAN ILMIAH MAHASISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS |
Nama: VIVI SUKMA DEWI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis penalaran ilmiah mahasiswa pendidikan fisika pada materi fluida dinamis. Penelitian ini dilakukan dengan menjadikan 26 orang mahasiswa kelas A angkatan 2018 sebagai subjek penelitian. Pada penelitian penalaran ilmiah ini diambil tiga pola penalaran yaitu correlational reasoning, proportional reasoning dan probabilistic reasoning. Data penelitian diambil dari hasil tes essay penalaran ilmiah yang jumlahnya sebanyak 6 butir soal dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada pola correlational reasoning penalaran mahasiswa lebih dominan masuk kedalam kategori No Reasoning (NR)dengan persentase 46,1% untuk soal nomor 1 dan 52,3% untuk soal nomor 2, pada pola probabilistic reasoning penalaran mahasiswa untuk soal nomor 3 dan 4 dominan masuk ke kategori Approximate(AP) dengan presentase 84,6 ?n 73,1% sedangkan untuk pola proportional reasoningpenalaran mahasiswa lebih banyak masuk kedalam kategori Tidak Menjawab (TM) dengan presentase 38,5% pada soal nomor 5 dan 53,8% pada soal nomor 6. Berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa tinggkat penalaran ilmiah mahasiswa masih tergolong rendah, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya persentase mahasiswa yang masuk ke dalam kategori dengan level rendah pada tiap pola penalaran. |