JudulPENGARUH MODELPEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: Riska Puspitasari |
Tahun: 2019 |
Abstrak Riska Puspitasari, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu. Skripsi. Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. H. Muh. Ali, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Advance Organizer, Peta Konsep, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran advance organizer berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent pretest-posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Mipa SMA Negeri 5 Palu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas X Mipa 1 sebagai kelompok eksperimen dan X Mipa 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang divalidasi melalui validitas ahli. Pengujian data hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik uji-t dengan prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisa data, diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 13,06 dengan standar deviasi 3,23 dannilai rata-rat kelompok kontrol adalah 9,66 dengan standar deviasi 2,91. Berdasarkan uji hipotesis dengan statistik uji-t, diperoleh thitung = 2,25 dan ttabel = 1,68 pada taraf signifikan ? = 0,05. Ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran advance organizer berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa. |