JudulPengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Tehadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Parigi |
Nama: RENI NURMIA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Parigi. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the equivalent pretest-posttest group design, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Parigi. Teknik pengambilan sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 7,9 dan kelas kontrol 8,9 sedangkan skor rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 14,7 dan kelas kontrol yaitu 12,8 hasil perhitungan statistik dari uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel = 2,38 > 1,68 maka H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Chlidren Learning in Science (CLIS) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Parigi. ? |