JudulKEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA SMA LABSCHOOL UNTAD PALU DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MATERI GERAK LURUS |
Nama: LARAS PUTRI ULANDARI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Laras Putri Ulandari, 2019. “Kemampuan Representasi Siswa SMA LABSCHOOL UNTAD Palu dalam Memecahkan Masalah Fisika Materi Gerak Lurus”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Supriyatman, S.Si., M.Pd. Berdasarkan hasil observasi di salah satu sekolah menengah atas menunjukkan bahwa tidak semua bentuk representasi yang dikuasai oleh siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi siswa dalam memecahkan masalah fisika materi gerak lurus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Labschool UNTAD Palu yang terdiri dari 21 orang siswa dan dipilih 6 responden berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Data diperoleh melalui pemberian tes pemecahan masalah berbasis representasi dan wawancara. Tes pemecahan masalah berbasis representasi terdiri dari lima nomor soal yang memiliki representasi yang berbeda-beda. Data penelitian ini dianalisis melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa belum mampu menguasai semua bentuk representasi dalam memecahkan masalah fisika. Hal tersebut ditunjukkan oleh persentase tiap bentuk representasi yang digunakan oleh siswa. Untuk representasi gambar diperoleh persentase sebesar 76,1%, untuk representasi matematis diperoleh persentase sebesar 80,9%, untuk representasi grafik diperoleh persentase sebesar 28,5%. Sedangkan untuk representasi diagram dan verbal semua siswa belum mampu menggunakan representasi tersebut. Kata Kunci : Kemampuan Representasi, Memecahkan Masalah |