JudulANALISIS UNJUK KERJA SISWA DALAM PHYSICS PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN RUBRIK MINNESOTA ASSESSMENT PROBLEM SOLVING (MAPS) |
Nama: Windaningsi |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Windaningsi, 2020. Analisis Unjuk Kerja Siswa Dalam Physics Problem Solving Menggunakan Rubrik Minnesota Assessment Problem Solving (MAPS), Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Jusman Mansyur, M.Si. Kata Kunci: Unjuk Kerja, Physics Problem Solving, Rubrik MAPS Rubrik MAPS merupakan salah satu alat penilaian yang digunakan dalam pemecahan masalah untuk menilai pemecahan masalah para pemula dan ahli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unjuk kerja siswa dalam physics problem solving dengan menggunakan rubrik Minnesota Assessment Problem Solving (MAPS). Subjek penelitian ini adalah satu kelas, yaitu kelas X PMS 1 SMA Negeri 1 Banggai yang berjumlah 32 orang siswa. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi kinematika gerak lurus. Tes yang digunakan merupakan instrumen soal berbentuk esai. Hasil analisa data menunjukan bahwa rata-rata persentase kemampuan pemecahan masalah setiap tahapnya, yaitu 92.00% untuk tahap deskrpsi berguna berada pada kategori sangat tinggi, 75.50% untuk tahap pendekatan fisika berada pada kategori sedang, 80.75% untuk tahap aplikasi spesifik fisika berada pada kategori tinggi, 61.75% untuk tahap prosedur matematika berada pada kategori rendah dan 50.38% untuk tahap kesimpulan berada pada kategori sangat rendah. |