JudulANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA DI SMA NEGERI 9 PALU |
Nama: ERNA WATI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Erna Wati, 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Fisika di SMA Negeri 9 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Amiruddin Kade. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, memecahkan masalah, fisika. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah fisika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian terdiri dari 22 siswa SMA Negeri 9 Palu. Responden dipilih berdasarkan hasil yang diperoleh dari penilaian tes kemampuan berpikir kreatif. Tes terdiri dari 8 soal esai yang memiliki karakteristik pemecahan masalah. Data diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kreatif serta wawancara responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah fisika sebagian besar berada pada kategori kreatif. Terdapat masing-masing 2 siswa yang tergolong kategori sangat kreatif, 8 siswa yang berada dalam kategori kreatif, 6 siswa berada pada kategori cukup kreatif, dan 6 siswa berada pada kategori kurang kreatif. |