JudulPERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA ANTARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN TIPE SCRIPT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PALU |
Nama: LISTA M. BUSULA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Lista M. Busula, 2019. Perbedaan Hasil Belajar IPA Fisika antara Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan Tipe Script pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan P-MIPA FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Syamsu, M.Si. Kata Kunci : Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Kooperatif Tipe Script, Hasil Belajar Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA Fisika antara siswa yang mengikuti model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan tipe Script di kelas VIII SMP Negeri 7 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan rancangan Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palu dengan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 1 dengan 21 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2 dengan 20 siswa. Hasil belajar IPA Fisika post-test yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 1 mencapai sebesar 16,5 dan kelompok eksperimen 2 sebesar 12,15 untuk skor ideal sebesar 20 dan standar deviasi eksperimen 1 yaitu 4,56 dan eksperimen 2 yaitu 3,95 Uji hipotesis uji t (dua pihak) pada taraf signifikan ? = 0,05 dan derajat kebasahan, dk = 39 dimana diperoleh t_(0,975(39)) = 2,02 dan thitung = 3,27 dengan kriteria H0 diterima jika ?-t?_((1-1/2 ?)) < t < t_((1-1/2 ?)). Sehingga dapat dilihat bahwa nilai thitung berada pada daerah penolakan H0, dengan demikian maka H1 diterima. Disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPA Fisika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan tipe Script. |