Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Media Audiovisual Dalam Model Pembelajaran Problem Based-Learnig (PBL) Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa SMA Negeri 9 Palu.
Nama: ALMA YUNISTIRA
Tahun: 2020
Abstrak
Alma Yunistira, 2020. Pengaruh Media Audiovisual dalam Model Pembelajaran Problem Based-Learnig (PBL) Terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 9 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. H kamaluddin, M.Si Kata Kunci : Audiovisual, Problem Based-Learnig (PBL), Hasil Belajar Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audiovisual dalam model pembelajaran problem based-learnig (PBL) terhadap hasil belajar fisika pada siswa SMA Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the equivalen, Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 9 Palu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIA II sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIPA I sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda berjumlah 25 butir soal dengan masing-masing 5 pilihan jawaban. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest kelompok eksperimenya itu 6,43 dan kelompok kontrol yaitu 5,66 sedangkan rata-rata skor posttest kelompok eksperimenya itu 12,76 dan kelompok kontrol yaitu 8,83. Berdasarkan uji hipotesis dengan statistik uji-t, diperoleh thitung = 2,60 dan ttabel = 1,68 pada taraf signifikan ? = 0,05. Ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh madia audiovisual dalam model pemelajaran Problem-Based Learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 9 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up